Tuesday, June 25, 2024
spot_img

Upaya Tingkatkan SDM, 83 Perangkat Desa Kunjungi BBPP

BencoolenTimes.com – Masih dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), sebanyak 83 perangkat desa Kabupaten Lebong mengikuti kegiatan kunjungan ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Para perangkat desa ini berkunjungan bersama Bupati Lebong Kopli Ansori yang didampingi Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Lebong, Reko Haryanto. Serta Kabag Humas Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Lebong, Fendi.

Bupati Lebong, Kopli Ansori.

Bupati Lebong Kopli Ansori menyebutkan, kegiatan ini masih dalam rangka salah satu upaya meningkatkan kemampuan SDM perangkat desa di Kabupaten Lebong. Dimana para perangkat desa ini diajak ke BBPP dan melihat langsung, agar bisa berkontribusi dan ikut terjun langsung dalam pengimplementasiannya nanti di desa masing-masing pada sektor pertanian khususnya.
Sebab, sambung Bupati Kopli, SDM juga menjadi kunci penting dalam peningkatan kwalitas dan produksi pertanian di Indonesia, termasuk untuk Kabupaten Lebong.

Baca Juga  Bupati Kopli Terima Digital Goverment Award dari Presiden Jokowi

‘’Dengan mengikuti kegiatan ini, diharapkan para perangkat desa kita, SDM nya bisa semakin professional, unggul, dan berjiwa wirausaha. Yang muaranya pada keberhasilan kinerja sektor pertanian di setiap desa di Kabupaten Lebong,’’ harap Bupati Kopli.

Kunjungan 83 Pemdes

Sementara itu, Kadis PMD Kabupaten Lebong Reko Haryanto mengungkapkan, kedatang rombongan perangkat desa Kabupaten Lebong disambut langsung Kepala BBPP Lembang, Dr. Ir. Ajat Jatnika MSc dan jajarannya.

‘’Para perangkat desa kita bawa ke BBPP Lembang dalam rangka meningkatkan kemampuan SDM, khususnya dalam bidang pertanian,’’ ungkap Reko.

Baca Juga  Beredar Kabar Hasil Selter JPTP Dilantik Pekan Depan, Ini Kata Bupati Kopli

Dalam kegiatan di BBPP Lembang, lanjut Reko, para perangkat desa mendengarkan berbagai penjelasan dari para petugas di laboratorium kultur jaringan, khususnya tentang perbanyakan tanaman melalui teknologi kultur jaringan. Para perangkat desa juga dibawa ke Rumah Pangan Lestari (RPL) untuk mendapatkan penjelasan terkait penyemaian teknik hidroponik.

‘’Di RPL, perangkat desa kita melihat langsung praktik penyemaian dengan teknik hidroponik. Serta mendaatkan penjelasan bagaimana budidaya sayuran menggunakan sistem Deep Flow Technique (DFT) dan Nutrient Firm Technique (NFT),’’ lanjut Reko.

Baca Juga  Bupati Sayangkan Gubernur Keluarkan SK PT. Jambi Resource

Ditambahkan Reko, para perangkat desa juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan praktik pembenihan media tanam rockwool di lokasi kawasan aeroponik. Perangkat desa juga diajak melihat screen house aeroponik dan mendapatkan penjelasan teknik budidaya tanaman kentang dengan sistem aeroponik.

‘’Perangkat desa kita juga bisa melihat langsung bagaimana BBPP Lembang memanfaatkan sistem aeroponik ini sebagai metode perbanyakan benih kentang G0. Selain itu, kita melihat bahwa BBPP Lembang juga fokus membudidayakan tanaman hias seperti anggrek, kaktus, dan sekulen. Harapan kita ini bisa menjadi salah satu modal para perangkat desa untuk mendorong perkembangan sektor pertanian di desa masing-masing,’’ demikian Reko. (OIL)

Related Articles

Latest Article

admin2
admin2
Untuk Informasi lebih lanjut tentang berita yang anda baca silahkan menghubungi kami. +6281382248493
error: Opss tulisan ini dilindungi Hak Cipta !!