Home Hukum Cabuli Anak Tiri, Pria Bengkulu Diringkus Polisi

Cabuli Anak Tiri, Pria Bengkulu Diringkus Polisi

BencoolenTimes.com, – Pria asal Kota Bengkulu inisial DW diringkus anggota unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor (Polres) Bengkulu Polda Bengkulu karena diduga tega melakukan dugaan pencabulan atau persetubuhan terhadap anak tirinya sendiri yang masih dibawah umur.

Kapolres Bengkulu Polda Bengkulu AKBP Pahala Simanjuntak melalui Kasat Reskrim AKP Yusiady, Kamis (2/7/2020) mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan terduga pelaku melakukan perbuatannya baru sekali. Dalam aksinya terduga pelaku mengancam korban jika kemauannya tidak dituruti maka ibu korban akan disakiti oleh terduga pelaku. Atas dasar ancaman itu korban kemudian menuruti kemauan terduga pelaku.

“Aksi yang dilakukan bapak tirinya ini berdasarkan hasil pemeriksaan baru satu kali. Kejadian ini kemudian diketahui oleh ibu korban,” kata Yusiady.

Yusiady menegaskan terduga pelaku dijerat pasal 82 UU Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Yusiady mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Bengkulu terutama kepada orang tua baik orang tua kandung maupun orangtua tiri untuk sama-sama memberika edukasi kepada anak agar mengetahui bahaya dari kasus perempuan dan anak sehingga anak bisa menjaga diri. Karena rata-rata korban ini adalah anak dibawah umur yang sebagian mengerti.

Maka dari itu edukasi dari orangtua sangatlah penting. Misalnya mengurangi atau membatasi anak untuk bermedia sosial yang memiliki dampak negatif. Karena mengingat teknologi sekarang semakin berkembang dan harus diimbangi dengan pengawasan orang tua yang lebih ketat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (Bay)