Home BDTV KPU Bakal Periksa Lagi Surat Pernyataan Agusrin Pernah Dipidana

KPU Bakal Periksa Lagi Surat Pernyataan Agusrin Pernah Dipidana

BencoolenTimes.com, –  Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamudin dan Imron Rosyadi telah resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu sebagai calon kandidat di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Sabtu (6/9/2020).

Diketahui, Agusrin-Imron mendaftar sebagai Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu ke KPU
sesuai jadwal pendaftaran yang telah ditetapkan KPU yakni pada 4 hingga 6 September 2020. Keduanya mendaftar di hari terakhir.

Sama seperti Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur lainnya yang telah mendaftar, Agusrin-Imron juga di cek kesehatan dan menyerahkan segala perlengkapan berkas-berkas administrasi yang diminta.

Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Darlinsyah mengatakan, bahwa pasangan Agusrin-Imron telah menyerahkan Administrasi persyaratan pendaftaran.

Seperti surat keputusan dari masing-masing Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai politik ke KPU yang disaksikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan dokumen persyaratan yang sudah ditentukan.

Dokumen persyaratan calon itu akan diperiksa keabsahannya pada 12 September 2020 terutama terkait surat pernyataan bahwa Agusrin pernah dipidana.

Jika nantinya terdapat kekeliruan, pada 14 September 2020 akan diumumkan untuk perbaikan, setelah dipenuhi, sebelum melakukan penetapan calon, KPU akan melakukan verifikasi administrasi, selanjutnya KPU akan melakukan verifikasi faktual.

“Surat pernyataan bahwa Agusrin pernah dipidana akan diperiksa lagi dengan melibatkan Polda Bengkulu, Kejaksaan Tinggi, Pengadilan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, Lapas/Bapas serta Kapolri karena ini berkaitan dengan keabsahan calon yang akan di koordinasikan langsung dengan Bawaslu dan pihak yang terlibat,” kata Darlinsyah. (Cw)

Simak selengkapnya di BDTV Cacam Nian