Rektor IAIN Ajak KAI Ikut Andil Pengembangan UIN Bengkulu

BencoolenTimes.com, – DPD Kongres Advokat Indonesia (KAI) Bengkulu, menggelar Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) dan Pembekalan Advokat, bekerjasama dengan IAIN Bengkulu, yang tak lama lagi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Bengkulu.

Kegiatan ini berlangsung di Gedung Serba Guna Kampus IAIN Bengkulu, Jumat (9/10/2020) yang dihadiri puluhan peserta.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Presiden KAI Pusat, Ahmad Yani mewakili Presiden KAI Erman Umar. Kegiatan ini juga dibuka Rektor IAIN Bengkulu, Prof. Sirajuddin.

“Kegiatan ini merupakan materi penting, sebagai bekal sebelum peserta disumpah menjadi advokat,” kata Ketua DPD KAI Bengkulu, Ilham Fatahillah, SH, MH.

Ahmad Yani dalam sambutannya, mengapresiasi DPD KAI Bengkulu, yang aktif dan komit terhadap pengembangan kemampuan advokat di Provinsi Bengkulu, dalam situasi pandemi Covid-19.

“Kalau di daerah lain, pesertanya tidak sebanyak seperti Bengkulu ini, karena situasi pandemi. Alhamdulillah acara di Bengkulu kita sehat semua,” ujar Ahmad Yani dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Ahmad Yani menyampaikan, Presiden KAI Bapak Erman Umar menitip salam agar para advokat Bengkulu khususnya KAI, menjadi advokat yang unggul, profesional dan berintegritas.

Rektor IAIN Bengkulu, Prof Sirajuddin membuka kegiatan ini, sekaligus mendoakan para peserta menjadi advokat KAI yang handal.

“Doakan juga IAIN Bengkulu segera menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Bengkulu. Perkembangan terbaru, sudah disetujui dan ditandatangani Presiden RI dan tinggal diterbitkan pengesahannya oleh Presiden,” kata Rektor.

Rektor IAIN Bengkulu, Prof Sirajuddin

Dengan dilaksanakannya PKPA dan pembekalan advokat KAI di IAIN ini, Rektor IAIN berharap kedepan terus terjalin kerjasama bersama KAI.

Apalagi, jika IAIN sudah berganti menjadi UIN. Maka kedepan, UIN Bengkulu bisa memasukkan mata kuliah hukum dalam prodi tersendiri.

“Kami bersyukur bisa terlaksananya kerjasama dengan KAI ini. Sehingga makin memantapkan UIN Bengkulu nantinya,” tukas Rektor Sirajuddin sekaligus membuka kegiatan PKPA dan pembekalan advokat KAI.

Kegiatan PKPA dan pembekalan advokat ini diisi oleh pemateri mulai dari Rektor IAIN Bengkulu, serta advokat-advokat nasional dari KAI pusat. Peserta juga diwajibkan menjaga protokol Covid-19, seperti menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak.(CW2)