Home Info Daerah Benteng Ikut serta Festival Tabut 2019 dengan Usung Tema Rumah Adat dan...

Benteng Ikut serta Festival Tabut 2019 dengan Usung Tema Rumah Adat dan Rafflesia

Benteng Ikut serta Festival Tabut 2019 dengan Usung Tema Rumah Adat dan Rafflesia
Benteng Ikut serta Festival Tabut 2019 dengan Usung Tema Rumah Adat dan Rafflesia

BencoolenTimes.Com, – Demi menyemarakkan festival tahunan Provinsi Bengkulu, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), tahun ini dipastikan mengirim satu tabut pembangunan khas ‘Maroba Kite Maju’.

Mengangkat tema adat, tabut Kabupaten Bengkulu Tengah, dihiasi dengan berbagai simbol daerah, mulai dari konsep pelaminan, hingga rumah adat khas Bengkulu.

Dikonfirmasi Media Sinergi, salah seorang perajin tabut asal Malabaro, yang juga Keluarga Kerukunan Tabut (KKT), Efri Nurdin mengatakan, tahun ini Kabupaten Benteng mempercayai mereka dalam hal pembuatan. Yang mana kata dia untuk tema yang diusung itu dibuat secara kombinasi antara rumah adat, pelaminan dan sentuhan Bunga Rafflesia di depannya.

“Sesuai keinginan Pemerintah Benteng, untuk tema disepakati usung rumah adat di bagian tengah. Sedangkan di bagian bawah itu dihiasi dengan pelaminan kita Bengkulu, serta bunga rafflesia di bagian teras depan,” ujar Nurdin, Senin (02/9/2019).

Sementara itu, untuk ukuran, lanjut Nurdin, tabut Benteng ini memiliki ukuran yang lumayan besar, yakni lebar 3,8 meter dan tinggi 5,4 meter dengan dilengkapi empat anak dan lima puncak.

“Insya Allah sebelum hari H tabut Benteng sudah selesai dan siap untuk diturunkan,” terang Nurdin.

Dijelaskan Nurdin, untuk persentase, pembuatan tabut Benteng sudah memasuki angka 85 – 90 persen, dan tidak lama lagi tabut siap meluncur.

“Pokoknya sebelum hari H pembuatan ini sudah rampung, saat ini tahapan sudah masuk angka 90 persen,” tegasnya.

Terpisah Kepala Dinas Parawisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bengkulu, Gunawan Wibisana Rifki, S.STP, MH mengatakan, keikutsertaan Benteng dalam festival tabut sudah menjadi agenda rutin tahunan. Tidak hanya tahun ini, tahun-tahun sebelumnya Benteng terus mengirim tabut pembangunan.

“Tabut benteng masih dalam tahapan. Untuk pelaksanaan kita selalu berkoordinasi dengan pihak yang membuat,” demikian Gunawan. (MS)