Ditetapkan Tersangka, Mantan Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamuddin Belum Ditahan

BencoolenTimes.com, – Belum ditahannya mantan Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamuddin dan mantan anggota DPR RI Raden Saleh Abdul Malik sedang dipertanyakan.

Kuasa hukum pelapor PT TAC (Tirto Alam Sindo) mempertanyakan pihak Polda Metro Jaya yang belum kunjung menahan Agusrin dan Raden Saleh.
Padahal kata Andreas, polisi sudah menetapkan keduanya sebagai tersangka cek kosong sejak 30 Oktober 2021 lalu.

“Kami apresiasi kepolisian yang sudah tegak lurus dalam mengusut kasus ini meski terlapornya mantan pejabat. Hanya saja kenapa posisi sudah tersangka tapi tidak ditahan?” ujar Andreas dihubungi Senin (22/11/2021).

Andreas mengakui bahwa penyidik memiliki nilai subjektif dalam melakukan penahanan terhadap tersangka.

Yakni tersangka kooperatif, kedua tersangka tidak mengulangi perbuatan, dan ketiga tersangka tidak menghilangkan bukti dan tidak melarikan diri.
Namun kata Andreas, menjadi permasalahan saat ini ialah pihaknya melakukan investigasi terhadap PT Anugerah Pratama Insipirasi (API) yang dikelola oleh Agusrin.

Hasilnya, objek sengketa yang menjadi barang bukti ditutup. Kemudian, alat berat juga sudah tidak di tempat kejadian perkara (TKP).

“Saat kami kesana alat berat dan kendaraan tidak ada di tempat, artinya alat bukti dihilangkan oleh mereka,” kata Andreas. (Sumber: https://wartakota.tribunnews.com)