Friday, February 3, 2023
spot_img

Jadi Residivis Pembobol Kotak Amal, Mantan Anggota Brimob Ditembak

BencoolenTimes.com, – Polres Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu berhasil menangkap terduga pelaku spesialis pembobol kotak amal inisial ES warga Lubuk Linggau Sumatera Selatan yang merupakan mantan anggota Brimob.

Pria berusia 32 tahun tersebut terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas oleh petugas lantaran diduga berusaha melarikan diri saat akan ditangkap.

Kapolres Lebong, AKBP Awilzan SIK menjelaskan, ES telah melakukan dugaan pembobolan kotak amal di 5 Masjid yang ada di Kabupaten Lebong yakni di Masjid Al Jihad Kelurahan Tanjung Agung 2 kali, Masjid Al Huda Desa Daneu, Masjid Desa Tik Tebing, Masjid Jamik Al Azhar Pasar Muara Aman dn Masjid Al Jihad Muhammadiyah Pasar Muara Aman.

Penangkapan ES tersebut berawal dari informasi masyarakat yang menyampaikan bahwa ES berada di Lubuk Linggau. Lalu, petugas langsung bergerak cepat menuju Lubuk Linggau tepatnya kediaman ES yang akhirnya ES diamankan, Rabu (7/12/2022) sekira pukul 03.00 WIB.

Berdasarkan pengakuannya, sambung Kapolres, ES sudah 2 tahun menjalankan aksinya yakni di dua daerah Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Lebong. ES beraksi sendirian dengan berbekal alat linggis.

“Tersangka ES ini merupakan residivis. Dia pernah terjerat kasus yang sama pada 2020 lalu. Tersangka merupakan mantan Anggota Brimob,” kata Kapolres, Rabu (7/12/2022).

Kapolres menuturkan, barang bukti yang diamankan petugas dari tersangka yakni 1 unit mobil, baju tersangka.

Uang kotak amal dari 5 masjid yang berhasil di curi tersebut berkisar Rp 9,6 juta dengan rincian bulan Januari dan bulan November sebesar Rp 285.000 di masjid Tanjung Agung, kemudian Masjid Al Huda Desa Daneu sebesar Rp 64 ribu, Masjid Desa Tik Tebing sebesar Rp 42 ribu, Masjid Jamik Al Azhar Pasar Muara Aman sebesar Rp 260.000 dan Masjid Al Jihad Muhammadiyah Pasar Muara Aman sebesar Rp 2.975.000.

“ES dikenakan pasal 363 KUHP (1) diancam dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun,” jelas Kapolres. (Aje)

Related Articles

error: Opss tulisan ini dilindungi Hak Cipta !!