Friday, February 3, 2023
spot_img

Polres Lebong Tetapkan Tersangka Korupsi Dana PIID-PEL

BencoolenTimes.com, – Unit Tipikor Satreskrim Polres Lebong menetapkan tersangka kasus dugaan dana program bantuan Pilot Inkubasi Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDDT) RI tahun anggaran 2019.

Tersangka tersebut yakni KN (33) selaku pengelola PIID PEL di Desa Sukau Kayo Kecamatan Lebong Atas Kabupaten Lebong. Usai ditetapkan tersangka, KN langsung ditahan terhitung Selasa (6/12/2022) guna memudahkan proses penyidikan mendalam.

Kapolres Lebong AKBP Awilzan didampingi Kasat Reskrim Iptu Alexander di Mapolres Lebong Rabu (7/12/2022) menjelaskan, dana yang diduga dikorupsi tersangka tersebut semestinya untuk pengadaan bibit Jagung tahun 2019.

Berdasarkan hasil penyidikan, penyidik unit Tipikor menemukan fakta-fakta bahwa dalam kegiatan PIID-PEL di Desa Sukau Kayo TA 2019, dengan bentuk kegiatan budidaya dan pengolahan jagung yang menggunakan anggaran APBN Kemendes PDDT RI sebesar Rp. 1.283.366.000 diduga dalam pengelolaannya terjadi penyalahgunaan anggaran dan ditemukan beberapa item kegiatan yang fiktif.

Selain itu, terdapat kegiatan pengadaan barang yang tidak sesuai dengan RUK, sehingga mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp. 767.691.642. Pasca menetapkan KN sebagai tersangka, penyidik masih melakukan pengembangan dan ditargetkan lenyidikan selesai tahun ini dan tidak menutup kemungkinan bakal ada tersangka baru dalam perkara tersebut.

“Akan ada penambahan tersangka, nanti kita lihat proses penyidikan selanjutnya. Karena masih dikembangkan,” kata Kapolres.

Dalam penyidikan, sambung Kapolres, penyidik telah mengamankan sejumlah dokumen antara lain dokumen Rencana Umum Kemitraan (RUK) PIID-PEL Budidaya dan Pengolahan Jagung Desa Sukau Kayo Kecamatan Lebong Atas. Lalu dokumen pencairan Tahap I, II dan III dana PIID-PEL Desa Sukau Kayo Kecamatan Lebong Atas.

Kemudian Rekening Koran para pihak dan dokumen Laporan Pertanggung jawaban (LPJ) PIID-PEL Desa Sukau Kayo Kecamatan Lebong Atas Kabupaten Lebong Tahun 2019.

Kapolres menambahkan, tersangka dijerat pasal 2 ayat 1 dan pasal 3 Undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-undang nomor 31 tahun 1999, tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.(Aje)

Related Articles

error: Opss tulisan ini dilindungi Hak Cipta !!