Home Info Kota Jalan Tol Bengkulu – Linggau 95,8 Km

Jalan Tol Bengkulu – Linggau 95,8 Km

BencoolenTimes.Com, – Kabar pembangunan jalan tol Bengkulu – Linggau ternyata bukan omong kosong belaka. Buktinya, bertempat di Gedung Balai Semarak Bengkulu, dilakukan penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dengan Hutama Karya (HK), sepanjang 95,8 kilometer.

Penandatanganan perjanjian tersebut langsung disaksikan Gubernur Bengkulu dan Menteri Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (PUPR), Jumat (15/3/2019) malam.

“Sepanjang 19,3 Km dari Bengkulu ke Taba penanjung, kemudian 22 Km Taba Penanjung – Kepahiang dan sepanjang 54,5 Km Kepahiang – Linggau,” jelas Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit, saat memberi kata sambutan.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 117 tahun 2015 tentang perubahan atas Peraturan Presiden nomor 100 tahun 2014 tentang percepatan pembangunan jalan tol di Sumatera, sambung Danang, PT Hutama Karya Persero mendapat penugasan untuk membangun 24 jalan tol yang salah satunya adalah jalan tol Lubuk Linggau – Curup – Bengkulu.

“Pekerjaan konstruksi jalan tol ini dirancang dengan biaya investasi sebesar Rp. 33,12 Triliun,” ucapnya.

Disamping itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang hadir dalam penandatanganan PPJT Lubuk Linggau – Bengkulu mengatakan, Hutama Karya juga membangun tol 88 Km Indralaya – Muara Enim, Muara Enim – Lubuk Linggau sepanjang 125 Km.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

“Bengkulu – Curup – Lubuk Linggau ini 95 kilometer, proses pembebasan lahannya tanggung jawab pemerintah,” ungkap Menteri Basuki.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam sambutannya mengapresiasi percepatan pembangunan yang dilakukan Kementerian PUPR. Bengkulu, lanjut Rohidin, sangat memerlukan jalan tol tersebut untuk membuka konektivitas.

“Infrastruktur strategis ini akan terhubung dengan Pelabuhan Pulau Baai yang proyeksinya akan dijadikan Integrated Port dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK),” tutup Rohidin. (Ros/ADV)