KPU Lebong Rekrut KPPS, Berikut Rinciannya

BencoolenTimes.com, – Dalam rangka mensukseskan pemungutan suara dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan 9 Desember 2020. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong, melakukan perekrutan untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebanyak 1.554 orang.

Divisi Sosialisasi Partosipasi Masyarakat dan Sumer Daya Manusia (SDM) KPU Lebong, Effan Lavendes, A.Mp mengatakan perekrutan sebanyak 1.554 orang KPPS tersebut akan ditugaskan di 222 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 12 Kecamatan Kabupaten Lebong.

“Perekrutan KPPS sebanyak 1.554 orang itu di setiap TPS akan direkrut 7 orang petugas KPPS. Jumlah tersebut  diluar anggota Perlindungan Masyarakat(Linmas),” kata Effan Lavendes baru-baru ini.

Effan Lavendes menyampaikan, perekrutan KPPS akan dimulai 1 November hingga 23 November mendatang dengan masa kerja 1 bulan, terhitung 24 November hingga 23 Desember 2020.

“KPU Lebong sudah melakukan sosaialisasi  Ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), untuk selanjutnya disampaikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) ditingkat Desa,” ungkap Effan Lavendes.

Sementara, untuk anggota Linmas di TPS, akan di dikoordinasikan ke Pemerintah Desa (Pemdes) atau Kelurahan karena mengingat disetiap Desa dan Kelurahan sudah memiliki anggota Linmas.

“Untuk persyaratan pendaftran calon KPPS maksimal lulusan SMA sederajat, tidak boleh terlibat pengurusan partai dan tidak boleh menjadi tim sukses pasangan calon Gebenur dan Wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati Lebong,” jelas Effan Lavendes.

Effan Lavendes menuturkan, besaran honor untuk petugas KPPS, anggarannya bersumber dari Pemerintah Provinsi Bengkulu dan untuk besaraannya Effan Lavendes menyampaikan tak begitu mengetahuinya.

“Saya kurang tau untuk besaraannya berapa, tapi yang jelas lumayan besar,” demikian Effan Lavendes. (Aje)