Home Info Kota Pembukaan Porwil X Sumatera Memukau

Pembukaan Porwil X Sumatera Memukau

Penyalaan Api Abadi sekaligus Pesta Kembang Api, saat Pembukaan Pekan Olahraga X se-Sumatera

BencoolenTimes.Com, – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali, secara resmi membuka Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) ke X se-Sumatera, Sabtu (2/11/2019) malam di Stadion Semarak, Sawah Lebar Kota Bengkulu.

Sebagai tuan rumah, Provinsi Bengkulu berhasil mengemas pembukaan Porwil X dengan sukses. Mulai dari tata panggung dan penataan cahaya yang mewah, hingga prosesi api abadi Porwil Sumatera dan peluncuran kembang api, tampil mengagumkan.

Pembukaan Porwil Sumatera Bengkulu berlangsung meriah, dengan diawali dengan atraksi 500 pemusik dol dan 250 orang penari kolosal.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali dalam sambutannya mengaku, bukan tidak mungkin Provinsi Bengkulu bisa menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) bila melihat persiapan yang apik dan matang.

Menpora RI Zainudin Amali berharap pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui bidang olahraga, tetap memperlihatkan pergerakannya.

“Pemerintah telah menetapkan program Indonesia Maju dalam pengembangan Sumber Daya Manusia, Olahraga adalah salah satu untuk mengembangkan SDM. Dengan olahraga SDM akan sehat, bugar, dan berprestasi,” tutur Zainudin.

Menpora mengapresiasi persiapan Provinsi Bengkulu yang berhasil sebagai tuan rumah Porwil Sumatera. Mengingat Provinsi Bengkulu merupakan provinsi ke-10 di Sumatera yang telah menjadi tuan rumah.

Menpora menilai, pembukaan Porwil X berlangsung lancar, tertib dan diharapkan menghasilkan prestasi bagi atlet untuk menuju PON 2020 mendatang.

Sementara, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan, setiap atlet yang berlaga dari tiap provinsi merupakan pemenang dari provinsi masing-masing.

“Kita semua adalah juara. Dan Alhamdulillah Bengkulu masuk babak final melawan Provinsi Aceh. Besok (hari ini, red) kita saksikan laga final merebutkan medali emas untuk sepak bola,” kata Rohidin.

Gubernur Rohidin berharap seluruh atlet dapat bertanding secara sportif.

“Selamat datang dan bertanding untuk seluruh kontingen baik atlet dan official dari seluruh provinsi se-Sumatera di Bumi Rafflesia ini, salam olahraga,” tutup Rohidin. (Yip)