asd
Friday, July 19, 2024
spot_img

Rakor, Pemkab Lebong Bahas Tapal Batas dan HUT

BencoolenTimes.com, – Berbagai persiapan pelaksanaan Hari Jadi Kabupaten Lebong yang ke-20 dan persiapan tapal batas (tabat) antar desa dan kelurahan dibahas dalam rapat koordinasi (rakor) di Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Lebong, Jumat (17/11/2023).

Rapat dipimpin langsung Sekretaris Daerah Mustarani Abidin, didampingi Inspektur Inspektorat Daerah (Ipda) M Taufik Andary, Kepala Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD), serta Camat-Lurah di lingkungan Pemkab Lebong.

Bupati Lebong, Kopli Ansori melalui Sekda Lebong, Mustarani Abidin menyampaikan, terkait tapal batas (tabat) wilayah administrasi di desa-kelurahan di wilayah Kabupaten Lebong, nyatanya belum clear.

“Rakor Kepala OPD, setiap bulan memang kita laksanakan. Jadi, memang ada beberapa hal yang harus kami sampaikan. Salah satunya batas desa. Batas-desa ini kan belum clear,” ujar Mustarani.

Baca Juga  Bupati Kopli Launching Pelayanan HD RSUD Lebong, Bukti Upaya Peningkatan Pelayanan Kesehatan

Sebelumnya, pihaknya melalui Bagian Pemerintahan telah selesai melaksanakan survei penegasan batas antar desa bersama Topdam II Sriwijaya, yang dimulai tanggal 8 Mei hingga 8 Juni 2023 lalu, serta turun lapangan yang dimulai dari tanggal 10 Mei hingga 5 Juni 2023.

“Kemaren kita arahkan di Pemerintahan, ternyata ada perselisihan antar desa ini belum selesai. Waktu itu kita menghadirkan dari Topografi Kodam (Topdam) II SRIWIJAYA langsung. Namun, instruksi baru ini soal batas desa ini ada di Dinas PMD,” tambah Sekda.

Baca Juga  Kopli Ansori Terima Rekom NasDem

Dia juga meminta kepada Dinas PMD agar segera menetapkan batas wilayah masing-masing, melalui Peta Katrometrik yang dikeluarkan Badan Informasi Geospasial yang diambil melalui Citra Satelit.

“Untuk itu, kita minta kepada Kadis PMD mengintruksikan kepada seluruh Kades untuk menyelesaikan soal tapal batas desa. Tahun depan Insya Allah sudah clear,” harap Mustarani.

Lebih jauh, ia juga meminta para Kepala SKPD melek terkait persiapan HUT Lebong yang ke-20 yang digelar pada 18 Desember pada tahun 2023 mendatang.

“Yang kedua terkait HUT Lebong. Kita ingatkan kepada kawan-kawan SKPD, bahwa pada tanggal 1 Desember itu kita sudah launching untuk memeriahkan HUT Kabupaten Lebong yang ke-20 tepatnya pada tanggal 18 Desember 2023,” ucap Sekda.

Baca Juga  Mencalon Lagi, Bupati Kopli Terancam Sanksi Pembatalan, Ini Penyebabnya

Termasuk pada HUT Lebong yang ke-20 pada tahun 2023 lalu seluruh kegiatan digelar tidak mubazir alias berdampak pada masyarakat. Dia mengakui setiap lomba yang digelar jika perlu tanpa pungutan uang pendaftaran seperti yang digelar tahun 2022 lalu.

“Termasuk rangkaian kegiatannya, kita mengingatkan kepada kawan-kawan SKPD lainnya,” demikian Sekda. (OIL)

Related Articles

Latest Article

admin2
admin2
Untuk Informasi lebih lanjut tentang berita yang anda baca silahkan menghubungi kami. +6281382248493
error: Opss tulisan ini dilindungi Hak Cipta !!