Tuntut PSU, Paslon Bupati Bakal Ajukan Gugatan ke MK

Tarmizi Gumay, Kuasa Hukum Paslon Bupati Bengkulu Selatan nomor urut 2

BencoolenTimes.com, – Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Selatan nomor urut 2 Budiman-Helmi Paman menggutat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkulu Selatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) agar melakukan  Pemungutan Suara Ulang (PSU).

“Berdasarkan hasil bukti-bukti yang kita temukan dari rekapitulasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dibeberapa Kecamatan terjadi eksodus dan kecurangan, baik dalam aparat pemerintah maupun aparat desa,” kata Tarmizi Gumay, Kuasa Hukum Paslon Bupati Bengkulu Selatan nomor urut 2 saat diwawancarai, Sabtu (19/12/2020).

Oleh karena itu, sambung Tarmizi Gumay, pihaknya melakukan gugatan ke MK agar KPU Bengkulu Selatan melakukan PSU terfokus di lima Kecamatan di Bengkulu Selatan salah satunya Kecamatan Kedurang. Hal tersebut mengacu pada Peraturan Mahkamah Konstitusi nomor 6 yang mana dalam peraturan tersebut standarnya selisih suara 2 persen.

“Namun kita tidak terfokus kesitu, akan tetapi kita lebih kepada dampak atau akibat dari perselisihan itu,” jelas Tarmizi Gumay.

Tarmizi Gumay menjelaskan, kliennya juga telah mengantongi bukti-bukti dugaan kecurangan dalam pemungutan suara di lima Kecamatan itu.

“Insyaallah, Senin (21/12/2020) kita akan selesaikan pendaftaran gugatan kita ke MK. Kemungkinan, Selasa, (22/12/2020) kita akan penuhi pesyaratannya, lalu gugatan faktualnya akan kita antark ke MK,” jelas Tarmizy Gumay.

Tarmizi Gumay menambahkan, pihaknya juga akan melaporkan dugaan kecurangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Selatan tersebut ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu. (CW2)