Warga Antusias Ikuti Pengobatan Gratis PMI

Camat Sungai Serut saat memeriksakan kesehatannya.

BencoolenTimes.com, – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bengkulu melaksanakan kegiatan pengobatan gratis sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PMI ke 76 tahun.

Pengobatan gratis tersebut dilaksanakan di Kantor Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu dengan sasaran warga sekitar, Sabtu (18/9/2021).

Sambutan Camat Sungai Serut.

Sekretaris Dewan Pembina PMI Provinsi Bengkulu, Darmawan Yakub mengatakan, kegiatan tersebut ditargetkan 100 orang, namun karena masyarakat cukup antusias maka tidak menutup kemingkinan akan over target.

“Ini salah satu kegiatan yang kami laksanakan di HUT PMI. Pengobatan gratis ini merupakan kegiatan rutin PMI, apalagi sekarang kan Covid kita juga berpartisipasi, tidak hanya pengobatan gratis tapi juga penyemprotan disinfektan dan kegiatan lainnya,” kata Darmawan Yakub.

Darmawan Yakub menenakan topi putih.

Darmawan Yakub menuturkan, tak lama lagi PMI juga akan melakukan vaksinasi kepada masyarakat karena sudah mendapatkan vaksi. Vaksinasi nanti akan menyasar masyarakat se Provinsi Bengkulu melalui PMI Kabupaten/Kota.

“Pengobatan gratis ini juga kita gilir, sebelumnya kita sudah melakukan kegiatan seperti ini di Kabupaten Bengkulu Tengah. Rangkaian kegiatan ini macam-macam, mulai pemeriksaan kegiatan, gula darah, ini berlangsung cuma hari ini,” kata Darmawan Yakub.

Sementara itu, Camat Sungai Serut Kota Bengkulu Purwanto Budi Utomo sangat mengapresiasi PMI Provinsi Bengkulu yang sudah sukarela mengadakan pengobatan gratis.

“Initinya kalau kita berbuat baik dengan sesama kita akan mendapatkan kebaikan juga,” kata Purwanto.

Purwanto menuturkan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga, apalagi dimasa pandemi Covid sekarang, dimana warga banyak yang takut untuk betobat di Rumah Sakit, oleh sebab itu, dengan adanya kegiatan PMI ini.

“Secara umum kesehatan masyarakat, alhamdulillah kebanyakan sehat. Tapi diera Covid ini mungkin agak takut untuk berobat, mungkin karena terlalu banyak berhubungan dengan orang. Kegiatan ini sangat-sangat bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Purwanto.

Anggota Bidang Sosial & Kesehatan PMI Provinsi Bengkulu, Lovi Fernandes, SKM. MM menambahkan, kegiatan tersebut melibatkan dua orang dokter dan dua orang perawat serta petugas farmasi satu orang.

“Kita dapat juga bantuan dari Puskesmas Sukamerindu untuk pemeriksan gula darah. Pemeriksaan ini dilakukan secara umum, pemeriksaan gula darah nanti kalau butuh tindaklanjut kita sarankan untuk ke Puskesmas,” jelas Lovi Fernandes. (Bay)