BERSALIN GRATIS

Program inovasi di Kota Bengkulu, kerap muncul dari diskusi-diskusi ringan. Siang itu, kami (Wali-Wawali) dan Ketua Baznas Habib Alkaf ber-muzakarah (bertukar pikiran) di Mesjid Akbar At Taqwa soal banyaknya WA yang minta bantu biaya melahirkan.

HP kami sampai heng karena warga Kota Bengkulu tahu no WA Walikota-Wakil Walikota. Dan isinya macam-macam. Dari A sampai Z. Dari yang curhat, beri masukan dan usulan, hingga kritikan. Semua kami ladeni.

Mulai dari yang minta bantu biaya berobat, nunggak BPJS, ijazah ditahan, minta pekerjaan, minjam mobil penganten, pinjam ambulans, cari jodoh sampai minta bantu mau melahirkan.

Ada yang sudah pecah ketuban, sampai di rumah sakit BPJS mati. Ada yang bakal melahirkan 6 bulan lagi, minta lunaskan BPJS. Alhamdulillah, Allah selalu buka jalan penyelesaian.

Nah, untuk mengakomodir aspirasi yang mau melahirkan tapi tidak ada biaya dan dari warga tak mampu, maka diluncurkanlah program Harapan Doa Bersalin (HD BERSALIN).

Maka warga Kota Bengkulu berhak mendapat pelayanan Bersalin Gratis. Setiap Bumil (ibu hamil) yang akan melahirkan dan tergolong kurang mampu, berhak atas program ini.

Kami telah menunjuk bidan-bidan terbaik untuk menyambut kelahiran buah hati. Tapi ini tidak berlaku bagi yang melahirkan di luar nikah. Atau istri kedua yang tidak izin istri pertama.

* Catatan Dewa (Dedy Wahyudi) Wakil Walikota Bengkulu.

* Kota Bengkulu, 26 Agustus 2021.