Tuesday, June 25, 2024
spot_img

Pemdes Lubuk Betung Serahkan Bantuan Alsintan

BencoolenTimes.com – Pemerintah Desa Lubuk Betung Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma, menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada petani di desa mereka.

Alsintan tersebut berupa alat semprot pertanian merk polar listrik sebanyak 176 unit yang pembiayaannya bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran (TA) 2023.

Alat semprot yang dibagikan.

Kegiatan penyerahan alsintan tersebut, dihadiri Sekretaris Camat (Sekcam) Semidang Alas Maras, Ruslan. Serta, perangkat desa, anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), Babinsa, Bhabinkamtibmas, pendamping desa dan seluruh warga penerima bantuan.

‘’Total yang kita serahkan sebanyak 176 alsintan berupa alat semprot pertanian merk polar listrik dan pembiayaannya bersumber dari DD tahun 2023,’’ kata Kades Lubuk Betung, Munadi.

Dilanjutkan Munadi, bantuan alat semprot kepada masyarakat tersebut, merupakan salah satu bentuk kepedulian sekaligus dukungan kepada masyarakat untuk petani yang tergabung dalam kelompok tani (Poktan) di Desa Lubuk Betung.

Pendataan penerima bantuan.

“Karena petani membutuhkan alat semprot ini guna penanggulangan hama di lahan pertanian mereka. Apalagi ini menjadi salah satu keluhan petani selama ini, soal kebutuhan alsintan untuk membasmi hama,’’ lanjut Munadi.

Masih menurut Munadi, pengadaan alsintan berupa alat semprot tersebut, merupakan wujud dari 20 persen alokasi untuk ketahanan pangan dalam DS TA 2023. Diharapkan, dengan terealisasinya anggaran ketahanan pangan dari DD TA 2023 ini, bisa semakin meningkatkan produksi dan produktifitas lahan pertanian yang ada di Desa Lubuk Betung.

“Jika produksi dan produktifitas lahan pertanian kita terus meningkat, maka secara otomatis bisa semakin meningkatkan perekonomian masyarakat. Yang muaranya nanti, adanya peningkatan taraf hidup para petani Desa kita,’’ demikian Munadi.

Warga tampak berkumpul untuk menerima bantuan.

Sementara itu, Camat Semidang Alas Maras, Ruslan menyampaikan, dengan adanya dukungan alsintan yang sudah dibagikan tersebut, pertanian di Desa Lubuk Betung akan terus berkembang dan maju. Sekaligus memacu peningkatan produktifitas pertanian  khususnya di Desa Lubuk Betung dengan harapan, berdampak positif untuk kemakmuran warganya.

‘’Pemerintah Desa Lubuk Betung patut kita apresiasi sekaligus berikan acungan jempol. Karena sangat terlihat keseriusan mereka dalam pembinaan dan pengembangan Poktan di desa mereka, sekaligus bukti peran pemdes terhadap program ketahanan pangan di desa Lubuk Betung,’’ ucap Ruslan.(OIL)

Related Articles

Latest Article

admin2
admin2
Untuk Informasi lebih lanjut tentang berita yang anda baca silahkan menghubungi kami. +6281382248493
error: Opss tulisan ini dilindungi Hak Cipta !!