Tuesday, October 3, 2023
spot_img

Tak Tersentuh Hukum, Siapa di Belakang PLTU PT. TLB?

Ditjen Penegak Hukum (GAKKUM) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia menyatakan, PT. Tenaga Listrik Bengkulu (TLB) terbukti telah membuang abu sisa pembakaran ke lokasi Taman Wisata Alam (TWA) Pantai Panjang – Pulau Baai dan terbukti  tidak melakukan pengelolaan FABA sesuai dokumen ANDAL RKL-RPL.

Aktivitas pembuangan abu sisa pembakaran PLTU yang biasa disebut dengan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) telah berlangsung sejak bulan Januari 2023. Menurut hasil verifikasi lapangan yang telah dilakukan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu – Lampung pada Maret 2023 seluas 0,6 hektar TWA Pantai Panjang – Pulau Baai dijadikan pembuangan FABA.

DLHK juga menjelaskan, status FABA PLTU PT.TLB, setelah uji lab merupakan limbah non B3, namun tidak serta merta dibuang tanpa pengelolaan. Limbah non B3 harus dikelola, disimpan dan diletakkan sesuai dengan Dokumen ANDAL PT.TLB. Jika tidak sesuai dengan Dokumen ANDAL maka dinyatakan melanggar. Hal ini diangkat dalam Podcast BencoolenTimes.com dengan mengundang narasumber berkompeten.

Baca Juga  Soal Pemblokiran Id Pelanggan, DPRD Akan Panggil Pelindo dan PT. PLN UP3 Bengkulu 

SIMAK VIDEONYA KLIK DIATAS NARASI. (BAY)

Related Articles

Latest Article

admin2
admin2
Untuk Informasi lebih lanjut tentang berita yang anda baca silahkan menghubungi kami. +6281382248493
error: Opss tulisan ini dilindungi Hak Cipta !!