Api Ratakan Rumah Warga Sembayat

Api membakar rumah Wawan

BencoolenTimes.Com, – Warga Sembayat Kecamatan Seluma Timur Kabupaten Seluma, Selasa (12/3/2019) pukul 16.30 WIB, heboh. Pasalnya rumah warga milik Wawan Sayuti (40), rata dengan tanah akibat dilalap si jago merah.

Api semakin cepat menyambar karena rumah terbuat dari kayu. Beruntung tidak ada korban jiwa atas kejadian ini. Ditaksir kerugian mencapai Rp 20 juta.

Data dihimpun, rumah milik Wawan tersebut dikontrak Mulyadi (45) bersama tiga anaknya. Sementara Mulyadi hanya sesekali pulang, dirinya lebih banyak tinggal di kebun di Bukit Sunur, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Saat kebakaran tersebut, rumah dalam keadaan kosong, anak korban sedang berada di rumah tetangga tak jauh dari rumah tersebut.

Dari keterangan saksi sekaligus tetangga korban, api pertama kali diketahui oleh Zainudin (40). Zainudin curiga melihat asap yang keluar dari arah dapur yang cukup pekat. Diperkirakan api berasal dari kompor gas, karena salah satu penghuni rumah, sedang memasak namun lupa mematikan gas.

Rumah Wawan rata dengan tanah

Mengetahui akan kejadian itu, warga bahu membahu memberikan pertolongan untuk memadamkan api walaupun dengan alat seadanya. “Saat diperiksa api berasal dari dapur,” terang Zainudin.

Dari keterangan warga juga, api semakin membesar setelah ada suara dentuman keras yang diduga suara tabung gas melon yang meledak.

“Pas sesudah ada suara meledak itulah api langsung membesar, merembet kevbagian rumah lainnya,” kata Zainudin.

Wargapun langsung berdatangan membawa alat seadanya untuk memadamkan api tersebut. Namun walaupun telah berusaha maksimal, api tetap tak bisa dipadamkan.

“Respon dari PBK lamban, sehingga saat tiba di lokasi, api sudah padam,” keluh Zainudin.

Setelah api dipastikan padam, warga dengan sigap membersihkan puing kebakaran tersebut. Akibat kebakaran tersebut tak satupun barang milik korban berhasil diselamatkan, termasuk peralatan sekolah milik anak korban.(Ded)