Home Info Daerah Dilanda Kekeringan, Warga Kecamatan Semidang Lagan Gelar Salat Istisqa

Dilanda Kekeringan, Warga Kecamatan Semidang Lagan Gelar Salat Istisqa

Dilanda Kekeringan, Warga Kecamatan Semidang Lagan Gelar Salat Istisqa
Dilanda Kekeringan, Warga Kecamatan Semidang Lagan Gelar Salat Istisqa

BencoolenTimes.Com, – Puluhan warga yang dari beberapa Desa di Kecamatan Semidang Lagan, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) Jumat pagi, (23/08/2019) menggelar salat istisqa.

Bertempat di Desa Karang Nanding, salat istisqa tersebut dilakukan sebagai bentuk permintaan diturunkannya hujan setelah mengalami kekeringan akibat musim kemarau panjang yang terjadi di Kabupaten Benteng beberapa bulan terakhir.

Dikonfirmasi Media Sinergi, Kepala Kecamatan Semidang Lagan, Devi Junaidi mengungkapkan, salat istisqa ini dipusatkan di Desa Karang Nanding. Yang mana kata Devi, salat ini dilakukan sebagai bentuk permintaan kepada Allah SWT agar beberapa desa yang mengalami kekeringan untuk segera diturunkan hujan.

“Ya sebagai mana diketahui, sudah beberapa minggu terakhir banyak warga dari dua kecamatan yakni, Kecamatan Semidang Lagan dan Kecamatan Talang Empat melaporkan, bahwa di desa mereka mengalami kekeringan. Bahkan untuk mendapatkan air saja sulit mereka dapatkan,” keluh Devi.

“Ini juga dampak dari keringnya sumber air PDAM. Makanya, dengan menggelar salat istisqa, kita berharap kekeringan ini akan segera berakhir dan warga tidak kesulitan air lagi,” harap Devi.

Lebih lanjut kata Devi, salat istisqa dipimpin langsung oleh Ustaz Zul Fahmi dari Pondok Pesantren Harsalakum, yang mana jelas Devi, selain diikuti santri pondok pesantren dan warga setempat, salat istisqa tersebut juga dikuti unsur tripika kecamatan.

“Salat istisqa ini dilaksanakan dalam dua rakaat dan takbir tujuh kali, dalam rakaat pertama dan lima takbir pada rakaat kedua. Sementara itu untuk khotbah sendiri dilakukan dua kali, yakni sebelum dan sesudah salat,” tutup Devi. (MS)