Jualan di Badan Jalan, Pedagang Pasar Panorama Ditertibkan Petugas

BencoolenTimes.com, – Para pedagang yang berada diseputaran pasar panorama Kota Bengkulu ditertibkan oleh petugas Satpol PP Kota Bengkulu dibantu Polres Bengkulu dan Kodim 0407 Bengkulu serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bengkulu, Selasa (5/1/2021).

Kepala Satpol PP Kota Bengkulu Yurizal mengatakan, penertiban melibatkan 40 personil dari Polres Bengkulu, 10 personil dari Kodim dan Satpol PP 75 personil serta dibantu oleh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Perizinan dan Disperindag.

Penertiban dilakukan persuasif dan petugas memint para pedagang untuk berjualan di auning dalam pasar yang sudah disediakan dan tidak berjualan di badan jalan yang bisa kenyebabkan kemacetan.

“Bagi para pedagang yang tidak memiliki lapak nantinya pihak OPD yang berwewenang akan menindak untuk ditempatkan dipasar Barokoto atau pasar Pagar Dewa,” ujar Yurizal.

Disitu juga Kepala Disperindag Kota Bengkulu, Dewi Dharma mengatakan, ada 1500 lapak jualan didalam, yang masih kosong 800 lapak dan Auning keramik untuk ikan itu sebanyak 400.

“Bagi para pedagang kami memohon untuk masuk kedalam pasar karena lapak-lapak didalam itu sudah lebih dari cukup,” ungkap Dewi.

Penyebab, pedagang berjualan di badan jalan karena pedagang musiman yang menggunakan mobil membentang barang dagangannya dipinggir jalan. Selain itu juga pembeli yang saat membeli tidak masuk ke dalam menjadi faktor mendorong pedagang berjualan di badan jalan.

“Pedagang musiman yang menggunakan mobil, mereka membentang barang dagangannya di jalan dan membuat para pedagang di pasar panorama kesulitan untuk masuk kedalam. Para pembeli juga salah, karena tidak mau masuk kedalam,” beber Dewi.

“Kami berharap kepada para pembeli untuk kerjasamanya dengan membiasakan membeli didalam maka secara tidak langsung akan membuat para pedagang lebih terib dan Pasar terlihat rapi,” tutup Dewi.(CW2)