Sunday, September 24, 2023
spot_img

LDll Provinsi Bengkulu Kurban 314 Ekor Hewan

BencoolenTimes.com, – Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Bengkulu berkurban sebanyak 314 ekor hewan pada hari raya Idul Adha 1444 H/ 2023.

Adapun rincian hewan kurban tersebut meliputi, Kurban Sapi sebanyak 192 ekor dan Kambing sebanyak 122 ekor. Dari jumlah kurban tersebut sebanyak 15.000 kupon kurban disebarkan kepada masyarakat di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu.

Ketua DPW LDII Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi, mengungkapkan, jumlah hewan kurban tahun 2023 ini meningkatkan dari tahun sebelumnya.

“Kalau tahun lalu sebanyak 309 hewan kurban, di tahun ini ada tambahan menjadi 314 hewan kurban yang tersebar di seluruh wilayah provinsi Bengkulu,” jelas Meri, saat konferensi pers di DPW LDII Provinsi Bengkulu, Kamis (29/6/2023).

Dijelaskan juga, di hari raya Idul Adha dapat diambil pelajaran dari peristiwa Allah SWT menguji keimanan dan ketakwaan nabi Ibrahim dengan perintah Allah untuk mengorbankan putranya Ismail. Nabi Ibrahim dan Putranya Ismail dengan tulus dan Ikhlas menerima perintah tersebut sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

Namun ketika nabi Ibrahim bersiap untuk melaksanakan perintah tersebut, Allah menggantikan Ismail dengan seekor domba yang diturunkan-Nya sebagai pengorbanan yang diterima.

“Ini dapat diambil hikmahnya bahwa kecintaan kita terhadap Allah SWT tiada tandingannya dengan segala sesuatu yang lain,” tuturnya.

Kesempatan ini juga, Meri Sasdi menyampaikan pesan moral kepada seluruh masyarakat provinsi Bengkulu.

1. Kita patut bersyukur kepada Allah SWT, karena kita telah dapat melaksanakan sholat idul ahda dan dilanjutkan dengan menyembelih hewan qurban. Dengan menyembelih hewan qurban berarti kita telah berbuat sesuatu yang mendekatkan diri kita kepada ridho Allah dan rahmat ampunannya. Dengan mengorbankan harta yang kita pergunakan untuk membeli kambing, sapi ataupun domba, kita telah berbuat sesuatu yang di ridhol Allah, yang kemudian hewan itu kita sembelih, dan dagingnya selain kita makan, sebagian juga kita bagikan kepada fuqoro” dan masakin.

“Semuanya kita yakini sebagai bentuk aktualisasi keimanan kita kepada Allah SWT, sehingga kita bisa menatap masa kini dan masa depan yang lebih baik,” ucapnya.

2. Kepada seluruh umat Islam dan warga LDII pada khususnya untuk lebih memahami dan mengamalkan Islam secara kaffah berdasarkan Al-Quran dan Sunah Rasul (Al-Hadist) untuk mencari pengampunan dan keridhoan Allah SWT, sehingga kita barokah dunia dan akherat.

3. Umat Islam dihimbau untuk tidak terprovokasi oleh siapapun dan dari pihak manapun untuk berbuat negatif yang bertentangan dengan Al-Quran, Al-Hadist dan Pancasila serta UUD 1945, jangan menjadikan agama sebagai alat untuk menghalalkan cara dan jangan berbuat anarkhis bahkan faham agama yang sempit, radikalisme bahkan terorisme yang bertentangan dengan ajaran Agama Islam yang rahmatan Lil Alamin, yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga maupun masyarakat dan negara.

“Marilah kita ciptakan suasana yang kondusif, wujudkan Islam yang ramah, Islam yang saleh, Islam yang penuh kepedulian terhadap sesama maupun lingkungan alam, Islam yang santun dan sejuk, serta menjunjung tinggi kemaslahatan umat, Islam yang menjaga pola hidup sehat, Islam yang menjunjung tinggi kasih sayang, apalagi negara kita sedang melaksanakan pembangunan di segala bidang, antara lain peningkatan sumber daya manusia melalui sektor pendidikan, kesehatan, pertanian, pembangunan infrastruktur, dan penegakan supremasi hukum,” tukasnya.

Perlu diketahui, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) adalah Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam yang Independen, resmi dan legal yang mengikuti ketentuan UU No.17 tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan, memiliki AD/ART, serta memiliki Program Kerja dan Pengurus mulai dari tingkat Pusat sampai dengan tingkat Desa yang bergerak dalam bidang Dakwah Islam yang berpedoman pada Al- Quran dan Al-Hadist.

LDII merupakan bagian dari komponen Bangsa Indonesia yang berada dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. LDII selalu siap bersama- sama pemerintah melaksanakan pembangunan dan menjaga keutuhan NKRI. (JRS)

Related Articles

Latest Article

admin2
admin2
Untuk Informasi lebih lanjut tentang berita yang anda baca silahkan menghubungi kami. +6281382248493
error: Opss tulisan ini dilindungi Hak Cipta !!