asd
Thursday, July 25, 2024
spot_img

Masih 7 Usulan Pemkab Lebong Belum Diakomodir Pusat

BencoolenTimes.com – Tahun Anggaran (TA) 2023 ini, usulan pembangunan infrastruktur yang masuk dalam program Instruksi Presiden (Inpres) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRP) sudah terakomodir 2 kegiatan.

Sedangkan yang belum terakomodir sebanyak 7 usulan dan saat ini masih menunggu, jumlah yang akan diakomodir pada 2024.

Dua kegiatan yang sudah terakomodir tersebut, berupa pembangunan ruas jalan Talang Bunut-Lemeu Pit (Kecamatan Amen) senilai Rp 34,875 Miliar dan pembangunan ruas jalan Embong Panjang-Semelako Kecamatan Lebong tengah senilai Rp 32,574 M.

Bahkan dua kegiatan ini sudah selesai proses lelang dan tinggal menunggu realisasi Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Bengkulu.

‘’Dua kegiatan program Inpres tersebut tinggal menunggu realisasinya saja,’’ kata Kepala Dinas PUPRP Kabupaten Lebong Joni Prawinata melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga (BM) Haris Santoso.

Saat ini, sambung Toso sapaan akrab Kabid BM ini, masih ada 7 usulan menunggu tindaklanjut dari pemerintah pusat. Masing-masing pembangunan ruas jalan Tik Sirong Kecamatan Topos yang diusulkan senilai Rp 11, 24 M dan ruas jalan Suka Datang-Pelabai Kecamatan Pelabai senilai Rp 9,93 M.

Dilanjutkan Toso, pembangunan ruas jalan Ladang Palembang-Trans Upt 1 yang diusulkan senilai Rp 52,76 M dan ruas jalan Sukau Kayo-Pelabai diusulkan senilai Rp 8,07 M.

‘’Serta pembangunan Jembatan Air Uram Kecamatan Uram Jaya senilai Rp 6 M, Jembatan Air Tik Teleu Kecamatan Tubei senilai Rp 1,8 M dan Jembatan Air Tik Teleu 25M Kecamatan Tubei yang diusulkan senilai Rp 1,95 M,’’ rinci Toso.

Ditambahkan Toso, jika memang nantinya tidak terakomodir hingga TA 2024 mendatang, maka akan diusulkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) yang juga bersumber dari pembiayaan APBN.

‘’Namun, jika tidak juga bisa terakomodir, tetap akan diupayakan terealisasi melalui APBD murni secara bertahap. Dan tetap melihat pertimbangan kondisi keuangan daerah,’’ demikian Toso.(OIL)

Related Articles

Latest Article

admin2
admin2
Untuk Informasi lebih lanjut tentang berita yang anda baca silahkan menghubungi kami. +6281382248493
error: Opss tulisan ini dilindungi Hak Cipta !!