Home Hukum Overload Dum Truk Terguling

Overload Dum Truk Terguling

BencoolenTimes.com, – Telah terjadi kecelakaan tunggal sebuah mobil dump truck di Jl. Simpang Tugu Hiu Kecamatan Muara Bhangkahulu Kota Bengkulu. Senin, (21/9/2020) sekitar pukul 07.00 WIB.

Diduga penyebab kecelakaan dump truck tersebut karena membawa beban melebihi kapasitas atau muatan (Overload).

Kecelakaan tersebut terjadi saat mobil dump truck dengan nomor polisi BD 8651 DU datang dari arah UNIB belakang menuju arah nakau, saat sesampainya di Tugu Hiu ban belakang sebelah kiri mobil dum truck tersebut lepas sehingga terbalik dan terjadilah kecelakaan tunggal tersebut. Pada saat kecelakaan dump truck dalam keadaan bermuatan pasir yang diperkirakan sebanyak 7 kubik.

Dalam kejadian tersebut sopir dump truck yakni Budi Sudibyo warga, asal Air buluh  Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko beserta kernetnya tidak mengalami luka-luka. Nanun kerugian materil mencapai Rp.12.000.000. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini dan mobil mengalami kerusakan patah as tengah bagian belakang, ban belakang kiri lepas dan bak sebelah kiri penyok.

Saat di periksa Anggota Satuan Lalulintas Polres Bengkulu di Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan sopir tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) hanya ada foto copy.

Kanit Laka Lantas Polres Bengkulu Ipda Arief Abdullah menyatakan, bahwa untuk sementara mobil ini diduga melebihi muatan karena as mobil ini patah, pihaknya akan melakukan proses penyelidikan.

“Berdasarkan pengakuan sopir saat kita tanya Kir-nya menyatakan Kir-nya ketinggalan sehingga kita belum bisa mengecek apakah kelebihan kapasitas muatan atau tidak, namun dugaan sementara kelebihan muatan,” kata Arief Abdullah. (Cw)