asd
Saturday, July 20, 2024
spot_img

Pelabuhan Pulau Baai Dengan Segala Cerita Investor

Penulis : Tedi Suryadi S.H

Ini mengenai Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu yang berada 20 Km dari pusat Kota Bengkulu. Salah satu pelabuhan ternama dan kebanggaan Provinsi Bengkulu.

Dari Pelabuhan Pulau Baai inilah segala aktivitas Pengapalan Batu Bara, Pengapalan Cangkang Sawit, Minyak CPO dan Peti Kemas terjadi di Pelabuhan Pulau Baai.

Ya, saya mengagumi betul Pelabuhan Pulau Baai yang kaya dengan segala potensi termasuk hasil Lautnya. Hanya saja, Pelabuhan Pulau Baai yang memiliki aktivitas perekonomian tinggi saat ini masih kekurangan Investor.

Beberapa Minggu lalu, Pŕovinsi Bengkulu kedatangan Investor asal negeri ginseng Korea Selatan yang dipimpin Prof. Kim Soo-ill selaku CEO Busan Indonesia Center (BIC) bahkan beliau sempat menyampaikan, beberapa potensi dapat dikembangkan di Bengkulu seperti sektor pariwisata, Pelabuhan perikanan, maupun perhotelan bahkan Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu.

Tapi ini bukan cerita yang pertama Investor berkunjung melirik Potensi Bengkulu. Pada tahun 2020 lalu Investor asal Australia, Allen Saylav
juga sempat berkunjung ke Provinsi Bengkulu di dampingi Ricky Duggal dan Balbir Singh Nagpal asal India. Ya, mereka melihat langsung potensi Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu.

Bahkan mereka sempat berencana mendirikan industri manufaktur mobil listrik di Bengkulu. Namun sayang, Cerita Industri Manufaktur mobil listrik seperti hilang di telan bumi sampai saat ini.

Sebagai orang yang awam saya sempat bertànya. Gagalnya Investor berinvestasi apakah dikarenakan Pemerintah Daerah yang belum mampu meyakinkan Investor, Ataukah Kurangnya Potensi Pelabuhan Pulau Baai untuk berinvestasi bagi Investor.?

Ini sebagai pengetahuan yang saya pèrnah baca dari sebuah artikel. Salah satu Investor akan mau berinvestàsi wilayah tersebut harus memiliki sarana Pendukung seperti Infrastruktur Jalan dan Transportasi memadai, Infrastruktur Energi (Listrik). Infrastruktur Air Baku, serta Infrastruktur Kesehatan.

Lantas apakah semua itu terpenuhi oleh Provinsi Bengkulu? Entahlah, terkadang kita di suguhkan oleh pemberitaan kedatangan Investor yang berkali kali untuk melirik potensi Investasi di Pelabuhan Pulau Baai. Namun sayang, hal tersebut hanya sebatas kedatangan kunjungan ke Bengkulu.

Sebagai orang awam dan Masyarakat biasa. Saya berharap, suatu saat Pelabuhan Pulau Baai dapat benar benar dilirik oleh Investor Luar Negeri demi menunjang kemajuan Provinsi Bengkulu.

*Penulis adalah Warga Kota Bengkulu

Related Articles

Latest Article

admin2
admin2
Untuk Informasi lebih lanjut tentang berita yang anda baca silahkan menghubungi kami. +6281382248493
error: Opss tulisan ini dilindungi Hak Cipta !!