Home Info Kota Dinkes Targetkan Vaksinasi Terhadap Lansia Selesai Sebelum Lebaran 

Dinkes Targetkan Vaksinasi Terhadap Lansia Selesai Sebelum Lebaran 

Herwan Antoni, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu

BencoolenTimes.com, – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu menargetkan vaksinasi terhadap kelompok lansia selesai sebelum lebaran dan sudah vaksinasi semua.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengatakan, pihaknya akan lebih fokus dalam meningkatkan pelayanan vaksinasi terhadap lansia.

“Untuk percepatan vaksinasi, terutama capaian vaksinasi yang harus dipercepat ada pada lansia. Sebelum lebaran ini, kita diminta untuk progresnya lebih ditingkatkan,” kata Herwan, baru-baru ini.

Herwan Antoni menyampaikan, dalam rangka menyabut hari raya idul fitri, lansia akan menjadi lebih rentan terpapar covid-19.

“Karena resiko pada saat anggota keluarga dan orang lain bersilaturahmi lebaran nanti, tingkat kontaknya jadi lebih tinggi. Yang ditakutkan adalah jika ada orang terinfeksi, dia dapat menularkan ke kelompok lansia ini, sehingga akibatnya resiko terpapar covid kepada mereka (lansia) lebih beresiko,” ujar Herwan Antoni.

Dalam rangka untuk meningkatkan progres vaksinasi terhadap lansia Dinkes Provinsi membuat sistem jemput bola.

“Karena pada kelompok lansia ini ada sedikit hambatan untuk mendapatkan akses, jadi kita buat sistem jemput boleh. Yang mana tim kita turunkan ke sentral-sentral pada lansia yang ada untuk melakukan vaksinasi,” tegas Herwan Antoni.

Herwan Antoni meminta kepada Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu dapat merealisasikan vaksin yang ada secepat mungkin tersalurkan ke semua lansia.

“Untuk pelayanan publik kita cukup tinggi hanya pada lansia yang masih rendah, yaitu masih dibawah 10 persen. Maka dari itu kita diminta untuk mengejar yang lansia ini. Oleh karena itu kita minta kepada Kabupaten/Kota bagaimana upaya vaksin yang ada sekarang itu dapat dimanfaatkan secepat mungkin untuk pelayanan pada lansia,” tutup Herwan Antoni. (PPJ)