Tuesday, June 25, 2024
spot_img

Kasus Korupsi BOK Dinkes Kaur, 7 Orang Jadi Tersangka

BencoolenTimes.com, – Tim penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kaur menetapkan 4 orang tersangka dugaan korupsi dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Dinas Kesehatan Kaur, Senin (31/7/2023).

Keempat orang yang ditetapkan tersangka yakni Darmawansyah selaku Kepala Dinas Kesehatan Kaur, Gusdiarjo selaku Sekretaris Dinkes Kaur, Rike selaku Kepala Puskesmas Kaur Utara dan te Puji selaku Kepala Puskesmas Kaur Tengah.

Kajari Kaur, Muhammad Yunus, SH, MH menjelaskan, dalam penyidikan, ditemukan adanya pemotongan BOK oleh tersangka Kadinkes sebesar 2 persen setiap pencairan BOK tahun 2022.

Baca Juga  Kejati Sumsel Tetapkan Kabid Dinas PMD Tersangka Korupsi, 2 Tersangka Lainnya DPO

“Akibat dari pemotongan tersebut, Puskesmas melakukan kegiatan fiktif seperti kegiatan yang dirangkap menjadi satu kegiatan,” tegas Kajari.

Kajari menuturkan, akibat pemotongan itu, menyebabkan kerugian negara Rp 310 juta.

Ketiga orang yang ditangkap saat tiba di Kejati Bengkulu karena diduga halangi penyidikan.

Diketahui, dalam kasus ini ada tiga orang lainnya yang ditetapkan tersangka, yakni BSS (47), RNS (41), AH, (58) lantaran diduga menghalangi penyidikan kasus korupsi pelaksanaan dan pengelolaan Dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) terhadap 16 Kepala Puskesmas di Kabupaten Kaur tahun 2022.

Tersangka ditangkap Tim Tangkap Buronan Kejaksaan Agung dan Tim Kejati Bengkulu di Reddoors Blue Pacific, Jalan Sultan Hasanudin nomor 43 RT 02/ RW 02, Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (28/7/2023) sekitar pukul 20.00 WIB.

Baca Juga  Usut Dugaan Pemotongan Anggaran Setiap OPD Pemkab Mukomuko, Jaksa Dalami Dalangnya

“Tersangka Rike dan Puji yang telah menyetorkan uang Rp 920 juta kepada tiga tersangka yang menghalangi penyidikan,” demikian Kajari.

Total keseluruhan tersangka dalam kasus ini sebanyak tujuh orang, sedangkan tiga tersangka dugaan menghalangi penyidikan diketahui saat ini ditangani penyidik Pidsus Kejati Bengkulu dan telah ditahan di Rutan Polda Bengkulu. (BAY)

Related Articles

Latest Article

admin2
admin2
Untuk Informasi lebih lanjut tentang berita yang anda baca silahkan menghubungi kami. +6281382248493
error: Opss tulisan ini dilindungi Hak Cipta !!